Aksi Penghijauan di Kawasan Wisata Alam Gunung Ijo Bagelen

0
157 views

Koranpurworejo.id – Aksi penghijauan di kawasan wisata alam Gunung Ijo oleh Dinas Kehutanan dan Karang Taruna Laras Manunggal desa Durensari pada (13/11/2017), berjalan dengan lancar.

Acara ini dihadiri sekitar 150 peserta, baik dari Dinas Kehutan, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, dan juga Camat Bagelen, perwakilan Paguyuban Wayah Bagelen, serta beberapa instansi terkait.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa bersama, sambutan-sambutan, penyerahan bibit & peralatan, serta penanaman secara simbolis oleh beberapa instansi terkait.

Menurut Subagyo, ketua Karang Taruna Durensari, pengembangan dan penataan wisata alam Gunung Ijo itu dimulai dari Nol dan sampai saat ini sudah berjalan sekitar satu tahun. Untuk pelaksanaan secara gotong royong dengan masyarakat.

“Dari pemdes Durensari menunjuk karang taruna sebagai penggerak dan tentunya juga melibatkan banyak pihak dan beberapa kelompok yang ada di desa Durensari. Seiring berjalannya waktu step by step telah tercapai walau belum sesuai dengan harapan kami”, tambahnya.

Senada dengan Subgyo, Kepala Desa Durensari, Keman Siswanto, juga sangat mendukung atas keinginan masyarakat untuk mengembangkan Gunung Ijo menjadi destinasi wisata, karena sebenarnya Durensari punya potensi wisata untuk dikembangkan.

“Sebagai Kepala Desa Durensari saya di sini juga melibatkan banyak pihak baik dari instansi pemerintah maupun swasta, kalangan pengusaha maupun masyarakat”, tambahnya

Camat Bagelen, Bambang S Budoto, juga sangat mengapresiasi kegiatan ini terlebih penanaman pohon ini dilakukan dengan gotong royong. Yang tadinya gotong royong mulai bubar terbangun kembali.

“Yang jelas dengan ini, pertama kawasan wisata Gunung Ijo terselamatkan, kedua ya dua atau tiga tahun lagi Gunung Ijo akan jadi daerah wisata. Tentunya itu akan meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya Durensari. Saya sangat luar biasa dengan kegiatan hari ini”, tambahnya.

Tidak hanya itu, Paguyuban Wayah Bagelen yang notabennya merupakan organisasi masyarakat di wilayah Bagelen juga sangat mendukung dan membantu penghijauan, pengembangan, serta promosi.

“Peran Paguyuban Wayah bagelen dalam pengembangan potensi wisata Gunung Ijo selama ini adalah sebagai motivator bagi warga setempat tentang potensi wisata yang dimiliki daerah Durensari dengan memberikan contoh nyata sequel Munggah Bareng GID dr MB#1 GID-MB#4 GID yang terakhir dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2017”, ujar Dwi Santoso, selaku kordinator PWB (wayah) di Bagelen.

Menurutnya dengan adanya acara Munggah Bareng ini akan memberikan dampak positif bagi warga setempat maupun calon pengunjung objek wisata Gunung Ijo. (wn)

Editor: Iriel

BAGIKAN
Berita sebelumya5 Ilmuwan Asal Purworejo yang Sangat Disegani
Berita berikutnyaLewat Sektor Ini, Perekonomian Purworejo Akan Mandiri
Koranpurworejo.id (KPid) - Memiliki slogan "Knowledge and Information" merupakan media online Purworejo yang tidak hanya memberikan informasi seputar Kabupaten Purworejo, juga memberikan pengetahuan. Kirimkan karya tulismu ke redaksi@koranpurworejo.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here